Cara Konversi PSX 2 PSP Yang Lebih Baik

Sudah berapa lama ya saya nggak ngeblog? Hehe.. dunia jadi damai ya kalau saya gak ngeblog :m033 biar damainya nggak kelamaan, hari ini saya mau ngeblog lagi. Artikel kali ini sebenarnya nggak penting banget sih, cuma daripada blog saya terlalu lama vakum nanti mbah google marah. Daripada dimarahin yah mending menulis sedikit pengalaman aja.. Pada artikel kali ini saya mau menulis cara konversi game PSX ke PSP dengan cara yang lebih baik.

Pada artikel yang lama sudah saya tuliskan caranya bagaimana cara memainkan game psx/ps1 di psp. Pada artikel itu tidak ada kesalahan dan saya yakin semua game psx sudah bisa dimainkan. Yang menjadi kendala kalau tidak salah 2 minggu yang lalu saya lagi kumat iseng kepengen main game jadul yang judulnya thousand arms. Kalau yang sudah pernah main pasti taulah game ini seperti apa.. hehe game kocak bin dodol yang suka ngerayu cewek.

Masalah timbul ketika saya bermain sampai pada saat disc 1 selesai dan kemudian game meminta untuk memasukkan disc 2. Saya bingung tapi tetap bego juga.. (duh) :m000 waktu itu. Saya teringat game final fantasy mungkin disave dulu kemudian load pada disc 2. Ehhh ternyata malah gak bisa waktu load pada disc 2 gamenya memintta memasukkan disc 1, walaaahhh.. Saya coba cari alternatif lain di google belum ada jawaban yang sangat cocok dan akhirnya saya mencoba cari tahu sendiri dan hasilnya saya tuliskan saja langsung disini.

Caranya sebenarnya mudah cukup kita gabung saja (combine) setiap disc dari game itu. Untuk melakukan ini kita membutuhkan beberapa alat bantu yaitu:

  1. Simple popstation
  2. psx2psp

Keduanya bisa dicari di mbah google pasti ketemu, kalau sudah silahkan di download. Langkah pertama yang dilakukan adalah sama persis dengan langkah pada artikel yang lama. Hasilnya pasti file eboot.pbp kan? Nah setelah setiap disc kita konversi ke eboot.pbp saatnya kita gabung semua eboot itu menjadi sebuah file.

Caranya mudah kok, pilih psx2psp theme kemudian pilih iso/eboot file yang akan kita gabung tadi, kemudian klik convert tunggu deh sampai selesai. Setelah selesai seperti biasa copy aja langsung file eboot.pbp kedalam memory psp. Ketika kita mainkan file itu pencet tombol menu pada PSP maka akan keluar menu extra yaitu “change disc” nah inilah yang bisa kita gunakan untuk merubah disc karena game psx semuanya beda-beda kadang ada yang bisa save diload pada disc berikutnya tapi ada juga yang langsung minta insert disc.

Percobaan ini saya lakukan pada PSP 3006 dan tidak ada masalah sama sekali, Yak semoga berguna buat para gamers yang galau hehe, salam GoBlog!  :m039

Kata Kunci Terkait:

4 thoughts on “Cara Konversi PSX 2 PSP Yang Lebih Baik”

  1. kenapa gan pada saat di change disk, malah G ke sambung gamenya,,,,?
    Ane main game driver 2, jadi saat ane save game di disk 1 dan di suruhnya ganti disk 2, tiba tiba kita ganti disk 2, dia malah merestart.
    padahal file EBOOT.PBP nya udah jadi satu.

    giman gan???
    Tolong pencerahannya…
    Klu blh gan, ane mnt no hp ente biar ane bisa telpon agan.
    ini email ane,
    [email protected]
    atau
    [email protected]

    terima kasih…

    Reply

Leave a Comment

[+] yoyocici emoticons Istanto Personal Blog

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.